[IN MEMORIAN] Prof. DR. Thoha Jabir Ulwani, Mufakir Islam Modern


Umat Islam kehilangan lagi seorang tokohnya pada pagi Jum’at bertepatan 4 Maret 2016 (24 Jumadil awal 1437 H). Prof. Dr. Thoha Jabir Ulwani seorang ulama Fiqih Islam yang tinggal di USA yang juga Rektor Universitas Qurthubah Islamiyah. Jenazah beliau dibawa ke Negara asalnya, Mesir, tepatnya di kota Kairo.

Syeikh Ulwani yang dilahirkan pada tahun 1935, bertugas sebagai ketua lembaga fiqih di Amerika sejak tahun 1988. Beliau juga menjadi ketua SISS (School of Islamic and Social Sciences) di kota Herndon Virginia, USA. Meraih gelar doktor bidang Ushul Fiqh di Fakultas Syariah dan Undang-Undang, Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir pada tahun 1973.

Al Ulwani pernah bertugas sebagai Guru Besar Ushul Fiqh di Universitas Islam Imam Muhamad bin Saud kota Riyadh, Saudi Arabia dari tahun 1975 sampai dengan 1985. Pada tahun 1981 Al Ulwani ikut serta dalam pendirian lembaga pemikiran islam internasional (International Institute of Islamic Thought/IIIT) di USA. Beliau juga menjadi anggota Rabithah Alam Islam di Mekah serta anggota lembaga fiqih islam internasional di kota Jedah.

Beberapa karya akademis beliau diantaranya adalah:

- Al Ijtihaad wa taqlid fil islam (Ijtihad dan Taqlid Dalam Islam)
- Adabul ikhtilaf fil islam (Etika Perbedaan Dalam Islam)
- Ushul fiqh al islami (Ilmu Ushul Fiqh)
- Minhajul bahts wa ma’rifatuhu (Pedoman Penyelidikan dan Pengetahuan)
- Islamiyatul ma’rifah  bainal amsi wal yaum (Islamisasi Ilmu, Dulu dan Sekarang)
- Al azmah al fikriyah wa manahijut taghyir (Krisis Pemikiran dan Pedoman Perubahan)

Sumber: http://m.arabi21.com/story/892166
Penerjemah : @DmTurmudzi

0 Response to "[IN MEMORIAN] Prof. DR. Thoha Jabir Ulwani, Mufakir Islam Modern"

Posting Komentar