"PEMIMPIN ISLAM YANG ADIL" by @ferrykoto (Pengamat Sosial)


"PEMIMPIN ISLAM YANG ADIL"

by @ferrykoto
(Pengamat Sosial)

Saya dapat pertanyaan Japri, mana yg benar antara pendapat gus @sahaL_AS dgn ust @abdullahhaidir1 dan @malakmalakmal ...

1. Saya share saja jawaban sy ya, biar nanti bisa dikoreksi gus @sahaL_AS , ust @abdullahhaidir1 dan ust @malakmalakmal ...

2. Tapi sy tidak akan jawab berdasarkan kitab2, karena ndak mungkin lah sy kutipkan kitab untuk Gus @sahaL_AS yg sdh luar kepala hafal.

3. Perihal penguasaan kitab, gus @sahaL_AS harus kita akui, makmum sy dgn beliau, juga pd ust @abdullahhaidir1 & @malakmalakmal.

4. Bagi sy pertanyaan tsb, bukan sebuah pertanyaan yg butuh penjelasan sebagai jawaban atas ketidak tahuan.Tapi pertanyaan akibat muncul keraguan.

5. Entah pendapat siapa yg membuat kawan ini RAGU, apakah kultwit gus @sahaL_AS atau ust @abdullahhaidir1 atau ust @malakmalakmal.

6. Mungkin banyak juga rekan2, jadi RAGU, gamang bersikap, akibat ketiga kultwit itu ? ... gawat benar ini.

7. Dalam Islam (koreksi ya jika keliru), ada perintah, jika kita ragu2, maka tinggalkan lah. Jangnn memilih 2 hal yg kita ragu kebenarannya.

8. Tadinya sy akan jawab begitu, tapi karena ini ada kaitannya dgn kelangsungan pemilihan Kepala Daerah, bisa gawat jk sy jawab begitu...

9. Bisa gawat, karena sama saja saya menyarankan orang Golput. Bisa dipidana sy karena kampanye Golput. iya kan Gus @sahaL_AS ?

10. Karena ini pertanyaan sebenarnya adalah untuk meyakinkan orang yg jadi ragu atas kebenaran mana yg harus diikuti, maka ....

11. Maka sy tanyakan dulu apa kebenaran yg ia yakini (ini mirip dokter lah dalam analisa penyakit, biar make sure).

12. Sy tanya, apakah masih yakin Islam itu (kan perdebatan gus-ust itu soal Islam tak iye?) adalah agama yg membawa kebenaran? dia jawab Yaqin.

13. Senang dengar jawabannya. Buat konco2 yg baca Twit ini, apa punya keyakinan yg sama? Yaqin Islam membawa kebenaran?

14. Untuk lebih mengukur keyakinannya, saya tanya lagi. Apakah yakin Islam diturunkan untuk memperbaikan ummat manusia dlm segala hal?

15. Eh, dia jawab lagi, YAQIN!! sampai disini sy yg jadi Ragu, anak ini apa betul2 jadi RAGU, hanya gara2 kultwit gus & ust2 baik itu.

16. Terutama jadi ragu soal kepemimpinan dlm Islam, gegara kultwit gus @sahaL_AS. Kualat arek iki, disangka Gus Sahal penggoda iman, bek-e :)

17. Lanjut yo,..sebenarnya jika arek itu, sudah jawab yakin atas 2 pertanyaan tsb, urusan wes mari. Sudah jelas semua, mestinya tdk ada keraguan.

18. Tidak ada keraguan atas kultwit ust @malakmalakmal dan ust @abdullahhaidir1, juga tdk ragu gegara kultwit Gus @sahaL_AS.

19. Tidak ragu bahwa kepemimpinan Islam itu memperbaiki kepemimpinan yg ada dimasa lalu, dan pegangan untuk kepemimpinan masa depan.

20. Dan sebenarnya jika kita simak di kultwit gus @sahaL_AS juga menegaskan demikian, selama 2 hal yg sy tanyakan diawal itu diyakini.

21. Dan saya YAQIN, gus @sahaL_AS pasti meyakini sampai detik itu Islam mebawa kebenaran dan memperbaiki ummat manusia dlm segala hal.

22. Sangat jelas, bahwa kultwit gus @sahaL_AS itu menegaskan, dr kitab2 yg dikutip, bahwa kepemimpinan Islam itu adalah pilihan terbaik.

23. Gus @sahaL_AS menegaskan kepemimpinam dalam Islam itu harus mengedepankan keadilan, mampu bersikap adil, tdk dzolim.

24. Bahkan dicontohkan, kaisar yg kafir MASA LALU (maksudnya belum peluk Islam, ya iyalah kan sebelum Rosulullah datang), bisa berlaku adil.

25. Dgn contoh itu, ditegaskan Kaisar yg tdk sempat menikmati Islam saja bisa berlaku adil, sudah pastilah Pemimpin ISLAM dapat lebih adil lagi.

26. Karena sesungguhnya Iman Islam itu diantaranya mengajarkan kita berbuat Adil, tidak ada keraguan didalamnya.

27. Jadi memaknai "Lebih baik memilih pemimpin kafir yg adil daripada memilih pemimpin Muslim yg Zalim" harus dipahami konteksnya...

28. Konteksnya adalah menegaskan: Islam sangat menekankan Keadilan dalam kepemimpinan. Sangat luar biasa kan? yg "dikiri" pun pasti setuju ini.

29. Bukan maknanya kita harus memilih pemimpin Kafir (kata kafir dlm konteks keimanan Islam), tapi itu penekanan pentingnya Adil.

30. Itu menekankan kepada seluruh orang yg beriman, kepada para pemimpin yg beriman, bahwa bersikap Adil itu sangat diutamakan.

31a. Jika 2 pertanyaan diawal kita yakini, dan gus @sahaL_AS dan juga banyak anak muda dan pemimpin2 Muslim juga yakini, masa sih tidak ada..

31b. ..masa sih TIDAK ADA calon pemimpin dari Muslim saat ini yang tidak dapat berlaku adil, sehingga tidak layak dipilih jadi pemimpin?

33. Pasti adakan gus @sahaL_AS? Banyak malah. Tinggal kita dorong & dukung mereka bisa jadi pemimpin. Tidak kah Islam itu rahmatan lil alamin?

34. Jadi sangatlah jelas, "Lebih baik ....", itu bukan berupa perintah utk memilih Non Muslim jadi pemimpin (dlm konteks keimanan islam lho ya?)

35. Tapi kalimat itu adalah penekanan, sekaligus peringatan, BERLAKU ADIL itu adalah ciri kepemimpinan Islam & harus dilakukan pemimpin2 Islam.

36a. Semestinya tidak ada keraguan dalam itu. Jika ragu, maka pantas dipertanyakan keimanan kita.

36b. Jika juga ragu tidak ada lagi calon pemimpin dari kalangan ummat Islam sendiri, di negeri mayoritas Muslim ini yg bisa berlaku adil, maka, kita wajib...

36c. ...kita wajib pertanyakan pata Gus, Kyai, dan juga organisasi2 Islam besar sperti NU, Muhammadiyah, apa saja yg mereka lakukan selama ini?

37. Apa yg mereka lakukan selama ini, sampai tidak ada lagi pemimpin Muslim yg bisa berlaku adil, yg layak didukung jd pemimpin di negeri ini?

38a. Tapi saya yakin, banyak calon pemimpin Muslim yg beriman, yg tentu bisa berlaku adil. Cuma mereka itu sulit muncul karena kita tdk memberi kesempatan dan kepercayaan pada meraka.

39. Atau jangan2, kalian yg tidak percaya masih ada banyak calon pemimpin Muslim yg dapat berlaku adil, sudah TIDAK BERIMAN ISLAM?

40. Demikian pendapat sy, semoga tidak adalagi keragu raguan, kalau masih ragu, baca nomor 39.....

41. PERINGATAN: share pendapat sy tadi untuk kalangan Internal, Muslim, penggunaan kata & istilah harus dilihat dr perspektif Islam.

42. Mohon maaf jika ada salah tulis dan kata, monggo dikoreksi, sy terima dgn lapang dada. Wassalam.

(Dihimpun redaksi portalpiyungan.com dari twitter @ferrykoto (12/3/2016))

0 Response to ""PEMIMPIN ISLAM YANG ADIL" by @ferrykoto (Pengamat Sosial) "

Posting Komentar