Jeb Bush Mundur dari Pencalonan Presiden AS


Minggu, 21 Februari 2016 | 09:54 WIB
Reuters/Lucy Nicholson Jeb Bush berbicara di debat kedua Capres Partai Republik di Perpustakaan Ronald Reagan, Simi Valley, California, Rabu (16/09)
 
COLUMBIA, Jeb Bush, yang hendak mengikuti jejak kakak dan ayahnya bisa menduduki Gedung Putih, menghentikan kampanye untuk menjadi presiden AS dari Partai Republik.

Ia mengumumkan hal itu Sabtu (20/2/2016) malam waktu setempat atau Minggu pagi WIB setelah kalah telak dalam pemilihan pendahuluan (primary) di South Carolina.

Dalam dua pemilihan pendahuluan sebelumnya di Iowa dan New Hampshire, Bush juga selalu kalah.

Dengan dana tak terbatas dan nama besar keluarganya, Bush telah berjuang selama berbulan-bulan untuk membuat terobosan dalam melawan Donald Trump. Pengusaha besar New York itu terus-menerus mengejek mantan gubernur Florida tersebut sebagai tidak berdaya dan telah menghabiskan puluhan juta dolar untuk kampanye.

Hasil buruk di South Carolina, di mana saudaranya, mantan Presiden George W. Bush, turut berkampanye untuknya, telah menjadi pemicu terakhir baginya untuk mundur.

"Rakyat Iowa dan New Hampshire serta South Carolina telah berbicara dan saya benar-benar menghormati keputusan mereka, jadi malam ini saya menghentikan kampanye saya," kata Bush.

Dalam kaukus Iowa pada 1 Februari, Bush finis di tempat keenam. Dia tidak meraih hasil yang lebih baik di New Hampshire seminggu kemudian. Di sana ia finis di tempat keempat.

Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan untuk Partai Republik di South Carolina. Beberapa jam sebelumnya Hillary Clinton memastikan kemenangan di Nevada untuk Partai Demokrat.

Senator Ted Cruz dan Marco Rubio masih bersaing ketat untuk tempat kedua di negara bagian itu di pihak Partai Republik. Di Nevada, Hillary Clinton mengalahkan Senator Bernie Sanders dalam persaingan ketat Patai Demokrat, dengan perolehan 52 persen suara.                             

0 Response to "Jeb Bush Mundur dari Pencalonan Presiden AS"

Posting Komentar