Bertemu Aung Suu Kyi, Menlu Turki: Kami Akan Dukung Rohingya Sampai Selesai


 Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melakukan kunjungan kenegaraan ke Myanmar, pada Senin (14/6) lalu, yang secara spesifik mengunjungi wilayah Rakhine (Arakan) dimana  minoritas muslim Rohingya hidup menderita.

Sejak 2012, Rakhine – rumah bagi lebih dari satu juta Rohingya (disebut oleh PBB sebagai kelompok minoritas yang paling teraniaya di dunia) – telah mengalami teror kekerasan komunal, dimana muslim Rohingya harus bergantung pada bantuan di kamp pengungsian.

Menlu Mevlut Cavusoglu telah bertemu dengan Aung San Suu Kyi –yang menjabat Penasihat Negara Myanmar pasca kemenangan partainya pada 8 November tahun lalu.

Pada pertemuan bilateral dengan Suu Kyi, Menlu Cavusoglu menekankan bahwa Turki akan terus memberikan bantuan kemanusiaan yang mendasar di wilayah Rakhine tanpa diskriminasi berdasarkan suku, bahasa atau agama.

“Kami akan menunjukkan dukungan terhadap Arakan [Rakhine] sampai masalah ini diselesaikan,” katanya, menambahkan bahwa "pemerintah Turki menyambut langkah yang telah diambil oleh pemerintah baru untuk memberikan hak kewarganegaraan kepada Muslim Rohingya."

Mevlut Cavusoglu menekankan sejarah bersama antara Turki dan Myanmar selama kunjungan ke ibukota Myanmar pada hari Senin, dan menggarisbawahi tekadnya untuk membantu “semua pihak” di wilayah miskin Rakhine, tidak hanya di wilayah yang dihuni warga Muslim saja.

"Kami akan aktif menjangkau semua daerah yang membutuhkan, membuat jalan dan membuka klinik kesehatan di seluruh negeri," ujarnya kepada wartawan.

Hubungan diplomatik antara kedua negara secara resmi dimulai pada tahun 1958, tapi baru pada 2012 Turki membuka kedutaan besar di Myanmar.

“Tentara Turki disandera di Perang Dunia I dibawa ke Myanmar, di mana mereka dipaksa untuk bekerja dan membangun taman nasional serta banyak bangunan lain yang digunakan saat ini dalam kondisi sulit,” katanya, Myanmar adalah
bekas koloni Inggris.

Menurut Kementerian Luar Negeri Turki, dua makam prajurit tentara Turki di Myanmar yang ditangkap oleh Inggris selama Perang Dunia I.

“Hari ini, Turki adalah salah satu pendukung terbesar dari perdamaian dan kemakmuran di Myanmar,” tambah Cavusoglu.

“Dengan dibukanya kedutaan kami pada 2012, kerjasama yang lebih besar telah terjalin di antara kami. Dengan cara yang sama, dalam empat tahun terakhir Turki telah meningkatkan bantuan kemanusiaan, memberikan kontribusi $ 13 juta terhadap sektor kesehatan dan pendidikan,” sebutnya.

Menanggapi pertanyaan dari seorang koresponden Anadolu Agency, Aung San Suu Kyi mengucapkan terima kasih kepada menteri luar negeri Turki untuk kepekaan tentang masalah ini dan mengatakan ia berharap bahwa pernyataannya akan memberikan pelajaran bagi semua pihak.

“Saya berterima kasih padanya [Cavusoglu] untuk upaya yang dilakukan dan kepekaan dalam menemukan solusi untuk situasi di Rakhine. Saya berharap masyarakat internasional akan memperlakukan kasus ini dengan sensitivitas yang sama, dan membantu kami maju dalam mencari solusi. ”

Suu Kyi telah berada di bawah tekanan internasional yang luar biasa untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Rohingya di negara ini, namun tetap bermain aman karena takut mengganggu kelompok nasionalis, banyak dari mereka telah menuduh Muslim berusaha untuk membasmi tradisi Buddhis.

Cavusoglu menggarisbawahi tentang kompleksitas situasi, menyoroti bahwa ada 135 kelompok etnis di Myanmar.

"Ini sebenarnya adalah kekayaan negara ini. Keanekaragaman harus dilihat sebagai sesuatu yang kaya, dan hal penting bahwa umat Islam juga termasuk dalam bagian ini," katanya, menekankan bahwa pemerintah baru telah memberi perhatian pada masalah ini.

"Turki telah mengalami prosedur yang sama, dan kami bersedia untuk bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi oleh umat Islam. Kami akan mendukung langkah positif yang diambil, dan melalui TIKA [Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki] kami akan terus memberikan bantuan kemanusiaan," tambahnya.

Menlu Cavusoglu juga disambut oleh Pemimpin sipil pertama Myanmar, Presiden Htin Kyaw, di kediaman resminya.

Dia juga bertemu dengan kepala militer negara itu, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dalam pertemuan yang dihadiri oleh Duta Besar Turki untuk Myanmar, Murat Yavuz Ates.

Sumber: Anadolu Agency/MiddleEastUpdate

0 Response to " Bertemu Aung Suu Kyi, Menlu Turki: Kami Akan Dukung Rohingya Sampai Selesai"

Posting Komentar