Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi


Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

Ada banyak sekali masalah yang bisa terjadi di komputer, dan seringkali kita mungkin kebingungan saat masalah tersebut hadir di komputer kita. Membawanya ke servis komputer memang seringkali menyelesaikan masalah, tetapi kita memang harus membayar sejumlah biaya. Namun jika kita bisa menyelesaikannya sendiri dengan mudah, kenapa tidak? Di artikel ini WinPoin akan memberikan cara mengatasi 11 masalah komputer yang sering terjadi. Siap?

Update Windows

Apapun masalah komputer yang kamu hadapi seringkali bisa diselesaikan dengan melakukan update Windows. Yup, ini memang terdengar sangat simple tetapi hal ini benar. Windows memiliki banyak sekali bug dan masalah sampai Microsoft secara rutin mengeluarkan update dan patch setiap bulannya.
Dengan melakukan update Windows, kamu sudah menghilangkan ratusan bahkan ribuan penyebab timbulnya masalah di komputer.

Scan Komputer

Berbagai permasalahan juga seringkali disebabkan oleh infeksi virus dan malware. Oleh karena itu update antivirus kamu dengan database yang paling baru dan lakukan full scan untuk memastikan tidak ada virus dan malware yang menginfeksi komputer.

Masalah 1: Komputer Terasa Lambat

Inilah masalah yang paling sering dialami oleh pengguna komputer. Tiba-tiba loading komputer lambat, membuka software lambat, dsb. Jika kamu mengalami hal ini, maka teliti apakah space hardisk terlalu penuh. Bersihkan hardisk dari file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi agar komputer bisa “bernafas” lega.

Gunakan juga fitur Disk Cleanup yang sudah ada di Windows untuk menghapus file-file sampah yang tidak berguna.
Selain itu coba cek startup program di Run -> msconfig -> startup, dan disable software yang tidak diperlukan dari daftar startup program. Terlalu banyak program yang di load saat startup inilah yang seringkali menyebabkan komputer terasa lembat.

Masalah 2: Download Terasa Lambat

Jika kamu merasa proses download atau membuka website terasa lambat, maka cek apakah ada program background yang sedang berjalan dan menggunakan koneksi internet. Windows Update, Antivirus Update, sinkronisasi email client, dsb terkadang membuat proses download menjadi lambat. Tunggu proses tersebut selesai dan kecepatan internet akan kembali normal.
Uji kecepatan internet dengan SpeedTest.net. Jika kecepatan internet tidak sesuai dengan paket yang kamu gunakan, dan internet terasa lambat, coba restart modem atau rooter. Matikan sejenak dan lepas dari power jika perlu. Setelah beberapa menit nyalakan kembali dan lihat apakah koneksi internet sudah kembali normal.

Terkadang download yang lambat juga bukan disebabkan oleh komputer, melainkan oleh ISP. Jadi hal pertama yang dilakukan adalah melihat akun support dari ISP tersebut apakah ada pengguna lain mengeluhkan hal yang sama. Speedy misalnya, mereka memiliki akun Twitter yang seringkali bisa menjadi tempat bagi kita untuk melihat apakah Speedy sedang bermasalah atau tidak.

0 Response to "Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi"

Posting Komentar