ISIS di Bangladesh, Serangan Bersenjata hingga Pembunuhan Blogger Ateis

 – Serangan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata yang terjadi di Holley Artisan Bakery, Dhaka, Bangladesh bukan ‘kehebohan’ pertama yang melanda negeri itu akhir-akhir ini. Bangladesh sudah diramalkan akan menjadi kawasan ‘seksi’ bagi serangan-serangan yang diduga dilakukan ISIS.
Sejumlah pengamat mengungkapkan, Bangladesh sebagai negeri yang 91 persen penduduknya adalah muslim berpotensi untuk menjadi daerah rawan konflik kepentingan ISIS untuk ‘menggilas’ para penganut agama minoritas.
Meski ISIS sudah mengklaim apa yang terjadi di Holey Artisan Bakery pada Jumat malam waktu setempat, namun pemerintah Bangladesh masih bersikeras bahwa tidak ada jaringan sel ISIS yang berkembang di negerinya.
Pasalnya, pemerintah Bangladesh masih beranggapan bahwa segala kekacauan yang terjadi, termasuk peristiwa pembunuhan pemuka agama Hindu yang terjadi pagi hari sebelum pecah baku tembak di Dhaka.
Sebelumnya, Bangladesh juga diguncang peristiwa pembunuhan terhadap profesor Bahasa Inggris Universitas Rajshahi. Ia dibunuh oleh sekelompok orang saat hendak berangkat kerja.
ISIS telah mengklaim peristiwa itu. Pembunuhan dilakukan dengan alasan si profesor telah menyebarkan Ateisme dalam blognya. Namun pemerintah Bangladesh bergeming.
Kepolisian setempat akhirnya meringkus pelaku yang menurut polisi Bangladesh adalah anggota militan Jamaatul Mujahideen, yang merupakan salah satu kelompok Islam yang terlarang di Bangladesh.
( Madhan)

0 Response to "ISIS di Bangladesh, Serangan Bersenjata hingga Pembunuhan Blogger Ateis"

Posting Komentar