Cara Menghilangkan Komedo dan Cara Untuk Mencegahnya

Komedo adalah penumpukan kotoran pada pori-pori kulit. Komedo juga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo hitam adalah jenis komedo yang paling banyak dialami oleh orang-orang, sementara komedo putih biasanya berupa tonjolan kecul yang berada di bagian bawah epitel kulit. Jenis komedo yang satu ini memang lebih sulit dihilangkan karena memerlukan sedikit 'luka' untuk mengeluarkannya. Diperlukan bantuan oleh dokter kecantikan untuk menghilangkan komedo putih.
Untuk komeda yang hitam biasanya sering dialami oleh banyak orang, komedo ini disebabkan karena debu dan kotoran yang menempel pada wajah berpori-pori besar. Umumnya komedo yang bercampur dengan kotoran dan keringat, bukan saja dapat mengganggu penampilan tetapi juga dapat mengakibatkan jerawat. Cara menghilangkan komedo hitam paling sering yaitu dengan memencet keluar bagian kommedo. Padahal
cara tersebut dapat memicu masalah lainnya pada pori-pory wajah yang semakin membesar. Tak sedikit pula yang rela mengeluarkan sedikit uang untuk menghlangkan komedo dengan mengunjungi salon-salon kecantikan yang harganya cukup mahal.
Cara menghilangkan komedo memang gampang-gampang susah. Sebenarnya ada banyak sekali cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami. Cara ini selain lebih murah juga dapat meningkatkan kualitas kulit tapi memerlukan kesabaran untuk melakukannya hingga memperoleh hasil yang bagus. Berikut caranya :

Cara Menghilangkan Komedo Dari Wajah

1. Putih Telur
Bagian putih pada telur mengandung protein tinggi yang dapat menghaluskan kulit wajah dan membuatnya cerah. Mengoleskan putih telur juga menjadi salah satu tips menghilangkan bekas jerawat membandel. Untuk menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan putih terlur. Anda cukup balurkan putih telur pada bagian wajah dan hidung yang kerap menjadi sarang komedo, lalu diamkan hingga kering sebelum dibasuh menggunakan air hangat.
2. Lemon
Jeruk lemon mengandung vitamin C, flavonoid dan asam sitrat yang berkhasiat menghilangkan jerawat, noda hitam mengurangi minyak serta melepas sel kulit mati dari permukaan kulit. Anda cukup balurkan perasan air jeruk lemon pada kulit wajah yang ditimbun komedo secara teratur. Disarankan agar melakukan perawatan ini pada malam hari sebelum anda tidur. Usap dan biarkan hingga pagi hari. Lakukan cara ini secara rutin untuk mengurangi komedo bersarang pada kulit.
3. Pasta Gigi
pasta gigi atau sering disebut odol juga kerap digunakan sebagai bahan darurat untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Selain itu kandungan fluoride pada pasta gigi juga bisa membantu meredakan komedo yang meradang yang biasanya disebabkan oleh infeksi.
4. Air Garam
Cara menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit, sedangkan fungsi garam untuk melepas komedo dari balik kulit. Setelah itu tinggal bersihkan wajah dan basuhlah dengan menggunakan air dingin sebagai penutup.
5. Kacang Kedelai
Kacang kedelai juga bisa untuk mengatasi komedo membandel dari wajah. Caranya mudah, anda cukup gunakan jus kacang hijau sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.
6. Lobak
Selain kacang kedelai masker lobak juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo dari wajah. Perawatan ini bisa anda lakukan selama satu Minggu sekali atau anda bisa mengkombinasikannya dengan masker pepaya.
7. Pepaya
Buah pepaya terkenal sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan yang umumnya digunakan sebagai masker. Masker pepaya berfungsi ganda yaitu mengencangkan, memutihakn dan menghaluskan kulit. Selain itu juga berkhasiat untuk melepaskan komedo dari wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan agar mencampurkan masker pepaya dengan susu dan madu.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Aman

Langkah yang satu ini anda bisa mencobanya untuk menghilangkan komedo dengan cepat atau disaat-saat mendesak seperti ingin menghhadiri pesta pernikahan, ulang tahun dan sebagainya.
a. Basahi wajah dengan air bersih
b. Gunakan campuran susu dan scrub wajah. Lalu pijat dengan merata terutama pada bagian yang berkomedo.
c. Cucilah wajah dengan sabun pencuci mukan hingga bersih.
d. Keringkan wajah dengan cara menempelkan handuk pada wajah.
e. Gunakan toner tambahan, jika jenis kulit wajah anda berminyak.
f. Lalu lakukan penguapan selama 15 menit untuk melenturkan komedo agar menjadi lebih mudah terlepas dari pori-pori.
g. Kemudian cobalah untuk memencet komedo secara perlahan. Cara ini bisa membuat komedo mudah keluar tanpa harus membuat kulit wajah memerah akibat pencetan.
Demikian cara menghilangkan komedo dan cara mencegahnya, semoga bermanfaaat :)

0 Response to "Cara Menghilangkan Komedo dan Cara Untuk Mencegahnya"

Posting Komentar