Khutbah Rasulullah Saat Gerhana Matahari yang Belum Banyak Diketahui



Aisyah istri Nabi saw., berkata, "Terjadi gerhana matahari pada masa hidup Rasulullah. Beliau keluar ke masjid lalu menyuruh seseorang menyerukan, Ash-Shalaatu Jaami'ah. Kemudian beliau mengimami para sahabat dan beliau memanjangkan berdirinya dan kemudian beliau ruku dan memanjangkan rukunya. Beliau berdiri lagi dan memperpanjang berdiri namun lebih singkat dari berdiri sebelumnya. Kemudian beliau ruku kembali dan memperpanjang ruku namun lebih singkat dari ruku sebelumnya. Setelah itu beliau sujud dan memperpanjang sujud tersebut. Rakaat berikutnya, beliau mengerjakan seperti rakaat pertama. Lantas beliau beranjak (usai mengerjakan shalat tadi), sedangkan matahari telah nampak.

Kemudian Rasul berkhutbah di hadapan banyak orang. Beliau memuji dan menyanjung Allah seraya bersabda,

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut (gerhana) maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah."

Setelah itu Rasulullah bersabda,

"Wahai umat Muhammad, demi Allah tidak ada yang lebih cemburu daripada Allah karena ada seorang hamba baik laki-laki maupun perempuan yang berzina."

"Wahai umat Muhammad, demi Allah jika kalian mengetahui yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis."

Ketika Rasul Khotbah Gerhana, Allah Perlihatkan Surga dan Neraka

Diperlihatkannya surga dan neraka saat Rasul khutbah gerhana matahari. Ketika berkhotbah, Rasul melangkah maju dan tangan kanannya seperti akan memetik buah, tapi kemudian mundur lagi seperti orang yang ketakutan.

Para sahabat keheranan, dan bertanya kepada Rasul. Rasul menjelaskan, "Sesungguhnya saya melihat di tempat berdiriku ini segala sesuatu yang dijanjikan kepadaku, hingga saya lihat diri saya ingin memetik setandan kurma dari surga ketika kamu melihat aku maju, dan kulihat neraka Jahanam sebagiannya meruntuhkan sebagian yang lain ketika kamu lihat aku mundur." Kemudian beliau bersabda, "Wahai umat Muhammad, demi Allah jika kalian mengetahui yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis."

Sumber: fb

0 Response to "Khutbah Rasulullah Saat Gerhana Matahari yang Belum Banyak Diketahui"

Posting Komentar