REI dukung upaya pemerintah tekan suku bunga kredit perbankan

 Sabtu, 13 Februari 2016 19:00
REI dukung upaya pemerintah tekan suku bunga kredit perbankan
Ilustrasi Bank.
 Asosiasi pengembang properti, Real Estate Indonesia (REI) melihat suku bunga perbankan di Indonesia, utamanya untuk kredit perumahan, sangat tidak kompetitif apabila dibandingkan di negara lain.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussy mengatakan, besaran suku bunga di Indonesia masih berada di kisaran lebih dari 10 persen. Sementara, di negara lain, mayoritas suku bunga sudah berada di bawah angka 10 persen.

"Lagi pula, bunga tinggi itu akan membuat pemutaran uang atau ekonomi melambat," kata Eddy di JCC, Jakarta, Sabtu (13/2).

Terhadap suku bunga tinggi ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla menargetkan suku bunga perbankan sudah berada di angka 7 persen pada 2017 mendatang. Melalui berbagai strategi, pemerintah mendorong perbankan untuk menurunkan suku bunganya secara bertahap tahun ini.

Atas rencana pemerintah tersebut, Eddy mengatakan, hal itu tentu akan berpengaruh terhadap suku bunga KPR dan pasar properti.

"Dari penurunan suku bunga jelas berpengaruh. Karena suku bunga di properti salah satu komponen yang cukup penting dan komponen yang membuat mahal atau rendahnya itu juga suku bunga," jelas Eddy.

"Jadi kalau suku bunga diturunkan, tentu pembeli properti akan terangkat, akan mendorong sektor properti ini dan akan mendorong sektor lain di mana properti itu ada kaitannya dengan 174 industri terkait," imbuhnya.

Penurunan suku bunga, lanjut Eddy, tidak hanya berimbas positif terhadap sektor properti, tetapi juga sektor perekonomian secara keseluruhan. Turunnya suku bunga kredit, akan mendorong perputaran uang lebih cepat di masyarakat yang akan berimbas pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Bukan hanya properti, kalau suku bunga ini turun, sektor-sektor lain akan berkembang. Jadi perputaran akan banyak di pasar dan akan menghidupkan ekonomi secara menyeluruh. Penurunan suku bunga kredit itu positif. Karena negara kita memiliki daya tarik tinggi bagi investasi nasional dan asing," ujarnya.

0 Response to "REI dukung upaya pemerintah tekan suku bunga kredit perbankan"

Posting Komentar