Anggaran pengadaan lahan 2017 diperbesar

Minggu, 14 Februari 2016 / 14:23 WIB

JAKARTA. Pemerintah akan meningkatkan anggaran pengadaan lahan untuk pembangunan infrastruktur. Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas mengatakan, peningkatan tersebut dilakukan untuk mengimbangi kecepatan pembebasan lahan infrastruktur saat ini.
"2014 akan alokasikan anggaran untuk lahan semakin banyak, kalau tahun ini kami pikirkan dulu," katanya akhir pekan kemarin (12/2).
Sayang, Sofyan belum mau merinci secara jelas mengenai berapa peningkatan anggaran pengadaan lahan yang akan dilakukan pemerintah. "Karena masih dihitung juga," katanya.
Sejumlah kementerian, khususnya yang menangani pembangunan infrastruktur mengeluhkan minimnya dana pengadaan lahan untuk infrastruktur. Salah satu keluhan datang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang tahun ini hanya diberi anggaran pengadaan lahan Rp 1,4 triliun.
Hediyanto W Husaini, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan, Alokasi anggaran tersebut jauh dari total dana yang diperlukan untuk pengadaan lahan di kementeriannya.
Untuk jalan saja misalnya, berdasarkan perhitungannya, total kebutuhan anggaran yang diperlukan pada tahun 2016 ini mencapai Rp 15 triliun. Hedi mengatakan, alokasi anggaran Rp 1,4 triliun tersebut kemungkinan besar hanya akan mencukupi untuk pembebasan lahan sampai dengan Feruari 2016 nanti

0 Response to "Anggaran pengadaan lahan 2017 diperbesar"

Posting Komentar