Lebih bagus dagang di situs milik sendiri


Dengan jumlah pengguna yang mencapai puluhan juta user, media sosial jelas sangat menggiurkan untuk keperluan bisnis. Apalagi, banyak social media menawarkan akun  gratis kepada setiap penggunanya, tak terkecuali yang berniat jualan secara online.  
Cuma pada akhirnya, Yukka Herlanda, pendiri Brodo, toko fashion pria online, menegaskan, setelah membuka lapak di berbagai media sosial bahkan situs marketplace, pebisnis online sebaiknya harus punya situs sendiri, paling tidak blog.
Di situs berbayar maupun tidak berbayar, Anda bisa berjualan dengan leluasa, menampilkan semua produk dan jasa dengan informasi yang lengkap, mulai harga sampai spesifikasi.
Sebab, menurut Yukka, berjualan di media sosial tak selamanya efektif. Ia mencontohkan, di tahun-tahun awal berdagang di Facebook, Brodo menuai sukses. Tapi, tahun-tahun berikutnya, tingkat engagement dengan pengguna terus menurun.
"Untungnya saya sudah buka toko sendiri di web. Jadi, waktu pamor di Facebook turun, Brodo sudah aman di toko sendiri lantaran pelanggan sudah paham bahwa Brodo sudah punya web sendiri," kata pemilik situs bro.do ini
Lebih dari sekadar etalase, Anda bisa mengubah website merek dagang menjadi toko online. Caranya, dengan menambah fitur transaksi pembayaran belanja untuk para pelanggan. Selain memakai kartu debit, belanja bisa menggunakan kartu kredit dan lewat fitur pembayaran beberapa bank.
Anas Faizurahman, pemilik Asibayi.com, toko peralatan bayi dan ibu menyusui online, menambahkan, kalau Anda memang mau serius berbisnis online, memang sudah seharusnya membuat situs belanja sendiri.
"Secara branding lebih bagus, enggak nebeng pihak lain lebih bagus. Kita bisa menampilkan konten yang komplet dan informatif juga unik yang bisa merangsang konsumen," ujar Anas yang memulai bisnis online dari situs baru ke media sosial.
Hanya, Yukka mengingatkan, membuka website sendiri harus dengan pertimbangan matang. Meski banyak yang gratis, merawat situs atau blog juga perlu pengetahuan yang mumpuni. Pasalnya, tidak semudah menangkap calon pembeli seperti melalui media sosial.

0 Response to "Lebih bagus dagang di situs milik sendiri"

Posting Komentar