KPK dinilai tidak berjuang melawan pelemahan yang dilakukan DPR

 Selasa, 9 Februari 2016 22:07
KPK dinilai tidak berjuang melawan pelemahan yang dilakukan DPR
Pelantikan pimpinan KPK. 


Kepala Humas PGI Jerry Sumampouw menilai, KPK tidak berjuang dalam pelemahan yang dilakukan DPR terhadap dirinya. Dia menilai saat ini KPK tengah dikepung dari berbagai penjuru untuk melemahkan fungsinya dalam pengawasan anggaran negara.

"KPK dikepung dari berbagai macam penjuru. Ada yang lewat regulasi, ada yang lewat pengadilan dan juga internal KPK sendiri," kata Jerry dalam Konferensi Pers Pernyataan Sikap Elemen Masyarakat atas rencana Revisi UU KPK, di Jakarta, Selasa (9/2).

Dia melihat, kasus yang dihadapi KPK saat ini pernah dialami pada masa pemerintahan SBY tahun 2011. Namun dia menyayangkan, usaha KPK dalam berjuang menolak pelemahannya masih kurang.

"Kalau bagian dari publik mereka cenderung menolak revisi UU KPK, tapi mungkin mereka enggak fight dalam memperjuangkan dirinya sendiri," lanjut Jerry.

Karena itu, dia menduga, ada pihak internal KPK yang sebenarnya ikut terlibat dalam pelemahan lembaganya. Dia mencontohkan kasus barter Novel Baswedan merupakan indikasi dari pelemahan KPK. Jika KPK membiarkan Novel dipindahkan, maka benar KPK tidak berjuang dalam pelemahan yang dilakukan terhadap lembaganya.

"Kalau Novel keluar dari KPK, artinya KPK tidak berjuang dalam melawan pelemahan KPK," tegas dia.

Untuk itu penolakan terhadap revisi tersebut harus didukung seluruh elemen masyarakat. Ia mewakili PGI menyerukan akan terus menolak revisi UU KPK yang dicanangkan oleh DPR. Harapannya Presiden Jokowi bisa mencabut revisi UU KPK yang tengah berlangsung.

"Kita akan menolak terus-terusan terhadap revisi UU KPK," pungkasnya.

0 Response to "KPK dinilai tidak berjuang melawan pelemahan yang dilakukan DPR"

Posting Komentar