5 Senjata Beijing paling maut jaga Laut China Selatan, AS pun segan


Senin, 22 Februari 2016 06:16
Kapal Induk Liaoning milik Angkatan Laut China. 

Manuver Beijing terbaru memicu keresahan dari negara-negara di sekitar Laut China Selatan. Satelit Taiwan menyatakan sejak 14 Februari militer RRC mengirim beberapa set peluru kendali jarak menengah dan sistem radar ke Pulau Woody, salah satu lahan reklamasi yang dibuat China.
Tindakan tersebut membuat Amerika Serikat, yang berusaha merebut simpati sekutunya di Asia dan menangkal pengaruh Beijing, meradang. Pentagon menuding China memiliterisasi kawasan. "Tindakan militerisasi ini merisaukan semua pihak," kata Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, seperti dilansir BBC, Sabtu (20/2).
Kecaman turut dilontarkan pemerintah Vietnam dan Filipina, yang bersengketa langsung dengan Beijing terkait beberapa blok perairan kaya gas di Laut China Selatan.
Dikecam kanan-kiri, Beijing balik menyerang lawan-lawan politiknya untuk isu Laut China Selatan. Menteri Luar Negeri China, Hong Lei, menuding AS rajin memprovokasi negara-negara Asia agar memusuhi pihaknya. Presiden Barack Obama pekan lalu dalam KTT ASEAN-AS, secara terbuka mengajak negara-negara sekutunya menolak didekte oleh Tiongkok untuk isu batas wilayah di Laut China Selatan.
Lebih jauh lagi, patroli kapal AS mendekati Kepulauan Spratly tahun lalu yang diduduki oleh China, dianggap sebagai provokasi, memicu situasi keamanan kawasan goyah.
"Bagi negara kami, tindakan AS (mengirim kapal perang) adalah militerisasi yang sebenarnya," kata Lei.
Selain kapal perang jenis frigat, AS diketahui sudah menyiagakan pesawat pembom B-52 di Pangkalan Okinawa, Jepang, kalau-kalau eskalasi konflik meningkat.
Kendati begitu, Deutsche Welle menyatakan perang seharusnya dihindari oleh AS, mengingat armada perang Tiongkok kini urutan ke-3 di dunia. Ketika Negeri Paman Sam baru dalam tahap memobilisasi persenjataan, China akan lebih cepat menyiagakan alutsista di perairan kaya sumber daya alam itu.
Apa saja alutsista yang sekarang ini telah disiagakan Negeri Tirai Bambu buat menjaga perairan Laut China Selatan seandainya benar-benar muncul konflik? Berikut rangkuman lima yang paling berbahaya:

0 Response to "5 Senjata Beijing paling maut jaga Laut China Selatan, AS pun segan"

Posting Komentar