STRATEGI TURKI-ERDOGAN TERJUN DI SURIAH


by @Mradytio

1. Turki ditinggal sendiri oleh sekutu baratnya. Banyak yang melihat Turki sulit perang sendiri di Syria.

2. Erdogan bukan fast trigger. Beliau sabar, melihat situasi dan kombinasi yang paling menguntungkan. Tak emosi.

3. Ada alasan mengapa sekarang Turki membombardir milisi komunis kurdi (YPG) dan saudara terorisnya di dalam Turki (PKK).

4. Benar, alasannya cegah separatis. Namun juga untuk membersihkan Turki tenggara dari anasir-anasir komunis Kurdi, sehingga Rusia-Iran sulit untuk memanfaatkan mereka (PKK-PYD) membuat kekacauan.

5. Paling banter, yang bisa dilakukan PKK-PYD adalah melakukan pengeboman, yang justru memberi alasan tambahan bagi Turki untuk terjun ke Suriah.

6. Karena pengebom2 ini (baik Daesh/ISIS maupun PKK-PYD) memiliki jaringan di Suriah, Turki punya alasan kesana (Suriah) minimal utk hentikan serangan teror.

7. Kembali ke komunis Kurdi tadi. Pengeboman pada PYD & YPG di Suriah utara bila tujuannya mencegah mereka ambil wilayah lebih banyak..

8. ..maka cukup konsentrasi ke Azaz dan kota lain yang sudah berhasil mereka kuasai. Tapi tidak. Mungkin saja tujuan tersembunyinya adalah...

9. ..melemahkan kekuatan Daesh (ISIS) & komunis Kurdi ini di Suriah utara, sehingga saat Turki (minimal bersama Qatar) terjun ke Suriah...

10. ..setidaknya Turki tak akan alami hambatan berarti hingga mereka hadapi Assad & Rusia di Aleppo serta Daesh (ISIS) di Raqqa.

11. Bila Turki tak terjun ke Suriah dalam waktu dekat, itu karena mereka yakin Aleppo tak akan jatuh atau Erdogan & Davutoglu belum yakin mereka kuat & waktunya tepat.

12. Ada alasan mengapa Turki belum akhiri kerjasama dengan Barat (NATO) di pangkalan Incirlik.

13. Meski diyakini Barat intinya tinggalkan (lepas tangan) Turki dalam hal keamanan, tapi diatas kertas Turki adalah anggota NATO.

14. Bila Turki diserang atau menyerang & nyatakan perang, otomatis NATO terikat untuk membela Turki.

15. Mungkin benar, mereka (NATO) akan gunakan segala alasan utk tak bantu Turki secara luas. Tapi NATO adalah jaminan Turki agar Rusia tak macam2.

16. Minimal, bila nanti Turki bersama koalisinya masuk Suriah, Rusia tak berani nyatakan lawan Turki secara terbuka.

17. Inilah mengapa NATO selain 'kutukan' juga berkah bagi Turki. Tergantung kelihaian Erdogan.

18. Bila Turki masuk ke Suriah, saya yakin tak akan se-"gloomy" (sesuram) prediksi pengamat, meski berat dan sulit itu pasti.


19. Metode Turki masuk ke Suriah, secara militer, akan lebih baik bila meniru blitzkrieg (perang kilat, gerak cepat). Karena pasti sleeper cells komunis Kurdi akan berontak.

20. Turki harus cepat mengambil wilayah2 yang menurut mereka strategis di Suriah. Dan ini alasan mengapa mereka tak kunjung masuk ke Suriah.

21. Mereka (Turki) sedang mematangkan rencana, menunggu Saudi dll fix gabung serangan darat.

22. Dan ada kemungkinan juga akhirnya mereka (Saudi cs) tak terjun. Bila pemberontak (mujahidin) Suriah bisa menguat/diperkuat dan memukul mundur pasukan Assad yang dibeking Rusia dan Iran.

23. Anda juga harus melihat Turki secara ekonomi. Pertumbuhan GDP mereka masih banyak dikontribusi oleh pariwisata & investasi asing.

24. Bila perang, tim ekonomi Turki yang dikepalai Mehmet Simsek harus yakin dulu bahwa pariwisata hanya sedikit menurun & investasi bisa naik.

25. Salah satu caranya ya investasi dari Qatar, meniru 'investasi' Saudi ke mesir era assisi, meski investasi di Turki tidak bodong. (tdk seperti investasi bodong Saudi danai Assisi)

26. Di Turki akan berputar ke banyak sektor, tidak seperti di Mesir yg hanya berputar di elit-militer.

27. Demikian.

0 Response to "STRATEGI TURKI-ERDOGAN TERJUN DI SURIAH"

Posting Komentar