Ini Alasan Manusia Tak Pernah Bertemu Alien


 - Dengan jumlah bintang dan planet yang tak terhitung sampai saat ini, wajar apabila manusia berpikir bahwa ada kemungkinan kehidupan lain di alam semesta. Namun, nyatanya sampai saat ini manusia belum berhasil menemukan bukti adanya kehidupan lain di luar sana.
Menjawab pertanyaan tersebut, sepasang astrobiologi dari Australian National University, Aditya Chopra dan Charley Lineweaver, mengajukan sebuah jawaban.

Menurut mereka, salah satu alasan manusia tak pernah bertemu kehidupan lain karena banyak kehidupan yang cepat punah, sebelum benar-benar mengalami proses evolusi menjadi lebih baik.
"Tahap awal kehidupan merupakan sesuatu yang rapuh. Jadi, kami percaya bahwa jarang ada kehidupan yang cukup cepat untuk berkembang agar mampu bertahan hidup," tulis mereka, seperti dikutip dari laman CNET, Minggu (24/1/2016)
Lebih lanjut dijelaskan bahwa ada beberapa faktor untuk mendukung sebuah kehidupan. Beberapa di antaranya adalah dukungan gas penghasil kehidupan, seperti air dan karbon dioksida untuk menjaga suhu tetap stabil.
Hipotesis yang diberi nama Gaian Bottleneck ini merupakan modifikasi dari sebuah solusi untuk pertanyaan yang sama bernama Great Filter. Kedua peneliti ini menuturkan bahwa banyak planet yang awalnya mendukung kehidupan, dapat seketika menjadi tak stabil.

0 Response to "Ini Alasan Manusia Tak Pernah Bertemu Alien"

Posting Komentar