Ahok dan Fundamentalisme Kristen


Oleh: Agoeng Noegrahok*

Ahok ini berani banget. Maju dari jalur independen. Sebagai anak Betawi, gue kagum dengan keberanian Ahok. Beraninya dia nantangi partai-partai politik. Apa dia kagak takut dipentungi oleh juru kepruk parpol? Yang gue heran, kenapa Ahok senekat itu? Tanpa parpol apakah dia bisa menang?

Gosip yang gue dengar (tapi gue kagak percaya), Ahok didukung fundamentalis Kristen. Gosipnya, mereka punya modal yang gede. Makanya Ahok berani nekat ninggalin parpol-parpol. Masih menurut gosip (tapi gue kagak percaya), fundamendalis Kristen ini pengusaha papan atas di negeri ini. Mereka memiliki jaringan media dan dana untuk propagandaiin Ahok. Makanya nama Ahok bisa dipertahankan terus moncer. Kalau memang begitu, makanya Ahok brani ninggalin partai politik.

Dari gosip-gosip yang tersebar (dan gue kagak percaya), fundamentalis Kristen ini yang menekan Prabowo agar batalin mencalonkan Emil. Kenapa gue kagak percaya? Masak Prabowo yang jendral itu bisa ditekan-tekan. Tentu Prabowo kagak akan takut dengan tekanan. Prabowo ini sudah teruji di medan perang dan lapangan politik. Kalaupun benar-benar ditekan, kagak akan ngalah. Jangan kalah, seri saja kagak akan mau. Tapi namanya gosip, ya dihebuskan sana sini tanpa jelas sumbernya. Seperti kentut, ada baunya tapi kagak kelihatan sumbernya.

Masih ada gosip lain yang gua denger (dan lagi-lagi gue kagak percaya), yaitu isu kulit kabel. Menurut gosip tersebut, fundamentalis Kristenlah yang menciptakan isu tersebut. Tujuannya agar seolah-olah Ahok dijahatin. Tapi gue kagak percaya. Sebagai orang Betawi yang tinggal di Kamali, gue tau masalah kabel masalah lama. Sebelum Ahok ada, kulit kabel sudah ada. Kata lainnya, sejak kabel ditemukan, kulitnya juga ditemukan.

Kita boleh kagak suka sama Ahok. Tapi kagak perlulah bawa-bawa isu agama atau ras. Di sinilah bagi gue tantangan bagi lawan Ahok dalam Pilkada. Bisa bertarung dengan elegen, kagak bawa embel-embel isu-isu kagak penting. Menurut gue, penentang Ahok lebih fokus ke tawaran program yang lebih baik. Misalnya masalah banjir, penertiban kampung kumuh, transportasi, pendidikan, kesehatan, dll.

Kemarin gue lihat Yusril sudah bagus mau turun ke pasar. Dengan memakai baju Mickey Mouse, dia tampil santai. Memang kagak perlu serius-serius menghadapi Ahok. Kalau serius kayak abang gue (Bang Foke) justru akan kalah. Hadapi dengan cara-cara santai tapi mengena. Kalau Ahok biasa bicara kasar, kagak perlu diladeni. Kalau Ahok bilang “lu jual gua beli”, kagak perlu diladeni. Santai-santai saja. Kagak perlu kebawa perasaan. Kalau uang kita 500 ribu (gue kemarin ngasih uang ke kawan gue segitu), ya gak usah kampanye macem-macem. Cukup rajin di pengajian saja. Kagak usah keluar uang, cukup ongkos bajaj.

Gue perhatiin, lawan-lawan Ahok terlalu emosional. Kayak suporter bola. Dipancing sedikit saja langsung cabut golok. Kalau pendukung Ahok emosional, kagak perlu ditanggapi. Fokus saja keliling kelurahan yang ada di Jakarta. Batu kagak perlu dilawan dengan batu. Cukup dengan air.

Dengan cara-cara begitu, gue yakin bisa ngalahin Ahok. Kalau pakai cara grusa-grusu, malah bisa jadi bumerang. Kalau perlu Ahok dipangku saja biar bisa duduk enak, kagak perlu disambitin batu.

Itu saran gue sebagai anak Betawi. Gak usah ikutan-ikutan percaya kalau Ahok disokong fundamentalisme Kristen dsb. Cukup rajin sowan ke rakyat dan pengajian-pengajian. Insyaallah bakal menang lawan Ahok. Tabik.***

*)Penulis adalah pengamat masalah keagamaan.

Sumber: http://tikusmerah.com/?p=1707

0 Response to " Ahok dan Fundamentalisme Kristen"

Posting Komentar