Pengusaha Didorong Tingkatkan Nilai Produk Kopi Ekspor

\Pengusaha Didorong Tingkatkan Nilai Produk Kopi Ekspor\

Ilustrasi : Okezone
Pengusaha kopi didorong untuk meningkatkan nilai produk ekspornyadengan tak hanya menjual biji kopi namun juga kopi dalam bentuk siap dikonsumsi.
"Saya prihatin. Kita kok berpikir ekspor saja. Kita tidak berpikir misalnya finishing product (produk jadi,red). Masa kita impor dari negara tetangga," kata Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, saat memberikan sambutan dalam rapat umum anggota Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) di Jakarta, Kamis (10/3/2016).
Oesman Sapta meminta pengusaha tidak untuk seharusnya khawatir pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), karena Indonesia memiliki kelebihan dan potensi yang sangat besar menguasai produk dan market ASEAN, Asia bahkan global.
"Sekali lagi saya tekankan, jangan mikirin lagi soal ASEAN Market atau MEA. Kita pangsa pasar yang sangat besar kok, ngapain kita takut," katanya.
Untuk itu, lanjut Oesman Sapta, pengusaha dan pelaku industri terutama di bidang pertanian, perkebunan seperti kopi perlu mendukung kesejahteraan petani. Pengusaha tidak akan besar jika petani tidak diperhatikan.
"Organisasi kopi harus betul-betul peka terhadap anggota, produsen dan petani. Kalau petani tidak didukung, nanti yang beli asing. Kita kan bukan (berorientasi pada) ekspor finishing product. Ini harus dipaksakan setidaknya semi finishing product agar terangkat harganya," tegasnya.
"Harus bangun industri semi finishing product(produk setengah jadi) atau finishing product. Asosiasi bertanggung jawab atas hal itu. Kita dorong minimal semi finishing product (kopi)," tambahnya.
Sementara itu Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan sudah saat industri memikirkan pengolahan kopi sehingga ada nilai tambah untuk devisa negara.
"Yang dipikirkan (jangan) hanya perdagangan, tetapi juga bagaimana mengolah kopi sehingga ada nilai tambah pada devisa. Kita sama-sama dengan pelaku usaha kopi, bagaimana mengolah kopi sehingga yang dieskpor itu olahannya," katanya.

0 Response to "Pengusaha Didorong Tingkatkan Nilai Produk Kopi Ekspor"

Posting Komentar